BASE Skincare Review : Cleanse, Tone and moisturize!

Bicara tentang skincare, aku punya pengalaman yang cukup unik. Jadi sebelumnya aku adalah tipe pengguna skincare dengan fokus untuk kulit yang berminyak dan berjerawat, pokoknya produk skincare yang bisa menghilangkan jerawat udah pasti jadi main goal aku. Ternyata seiring berjalannya waktu, kondisi kulit kita bisa berubah-ubah ya, yang tadinya berminyak bisa jadi kering banget, udah nggak jerawatan tapi timbul masalah baru yaitu kerutan atau fine lines. That's why setiap temen-temen tanya produk perawatan wajah aku apa, pasti aku bingung sendiri karena aku memang tipenya switch beberapa produk dan lumayan sering coba produk baru apalagi di dunia Beauty Blogger yang aku jalani dari beberapa tahun ke belakang sampai sekarang. Aku masih aktif mereview produk-produk skincare, trial and error sih sering banget, makanya kondisi kulit aku sekarang lumayan sensitif harus ekstra hati-hati supaya nggak iritasi atau breakouts.

Sampai akhirnya aku mencoba skin test di www.base.co.id untuk tahu jenis kulit aku sekarang tuh kaya gimana dan butuhnya perawatannya apa sih? Ternyata caranya mudah untuk tahu kebutuhan kulit kita and it's very personal, aku sih memang percaya seperti BASE Mantra " You are unique, so is your skin". BASE ini membawa pengalaman baru di dunia skincare Indonesia, memahami dan mendapatkan informasi secara holistik mengenai apa yang dibutuhkan konsumennya melalui SMART skin test. Kemudian menggabungkan data analisa kulit dan data-data ilmiah untuk membuat cluster formulasi. Jujur, aku memang merasakan kalau BASE ini memberikan personalised recommendation produk skincare sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen serta terus meneurs mengembangkan dan memperbaiki formulanya.

BASE Personalized Skincare 


Kenapa aku tertarik untuk mencoba produk skincare BASE? BASE ini skincare vegan dengan lebih dari 140 bahan baku tanaman di seluruh dunia. Semua produknya sudah melalui proses yang sangat ketat, so it's safe. Tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membahayakan tubuh, sudah disertifikasi BPOM, ECOCERT Organic dan Halal certified ingredients. Pelayanannya juga menomorsatukan konsumen dengan free delivery dan free return ke seluruh Indonesia. Nggak hanya itu, aku suka banget sama konsep BASE yaitu Skinimalism dimana produk rangkaian BASE hanya fokus terhadap 3 tahap penting yaitu cleanse, tone dan moisturize. 


Fyi buat yang belum tahu, Skinimalism adalah sebuah trend skincare yang hanya memakai produk yang penting atau wajib saja, konsep ini cocok buat kamu yang udah capek cobain berbagai produk skincare bahkan sampai mengikuti 7-10 steps skincare yang sedang nge-trend, tapi kulitmu tidak terlihat hasil yang maksimal malah justru menimbulkan breakouts. Pengalaman pribadi, aku pernah coba layering untuk skincare dan itu berasa rich banget kandungannya dan over hydrating buat aku yang kulitnya saat itu berminyak dan berjerawat. Yang ada justru breakouts, komedo, whitehead dll bermunculan di wajahku. Sampai akhirnya aku capek sendiri, apalagi untuk skincare di malam hari pasti kita udah capek dan ngantuk setelah beraktivitas seharian, ditambah lagi pakai skincare yang 7-10 steps gitu lama-lama aku menyerah juga.


Akhirnya aku lebih memilih kembali ke basic skincare, yang simple dan sesuai dengan kebutuhan kulit aku. Setelah aku ikuti test dan jawab beberapa pertanyaan, nggak lama langsung keluar skin analysis result-nya. Mulai dari tentang diri kita sendiri, kondisi kulit (skin), lifestyle kita sampai ingredients dari produk yang dibuat secara personal untuk kita juga dijelaskan secara detail. Tinggal tunggu produknya sampai dan aku merasa puas banget dengan skin test + skin analysis result-nya, kita jadi lebih mengenal kulit kita dan BASE skincare ini beneran membuatkan produk skincare dengan nama kita tertulis di packaging/kemasannya like "Made for Aullia" OMG I LUV IT!

REVIEW

Sebelum aku bahas satu persatu produknya, aku mau komentar dari segi kemasannya dulu nih. Kemasannya cukup eye-catching apalagi menggunakan box yang menurutku cukup menarik ditambah lagi ada bonus tas kecilnya, kita bisa taruh produk di dalamnya saat bepergian. Walaupun dari berat kemasan sih ini lumayan juga dan menurutku it's not a travel friendly product. Warna kemasan aku suka banget, desainnya menarik dan saat aku terima paketnya tuh kaya berasa lagi kasih hadiah ke diri sendiri saking packagingnya lovely banget!


Teksturnya aku langsung aja kasih lihat di bawah ini mulai dari cleanser, toner dan moisturizer.


Untuk aromanya aku nggak notice aroma apapun, aku sendiri lebih cocok sama produk skincare yang memang tanpa fragrance di dalam kandungannya. Aku lebih suka wangi produk yang natural untuk skincare. Selanjutnya aku akan bahas satu persatu produk, cara pemakaian dan ingredients yang terkandung di dalamnya.

BASE Purifying Cleanser 100ml
Harga : Rp.98.000

Step pertama aku pakai BASE Purifying Cleanser untuk membersihkan wajah dari segala debu, kotoran maupun make up. Non-foamy cleanser ini efektif membersihkan dan melembutkan kulit. Cara pakainya tinggal tekan 2-3 pump ke telapak tangan lalu usapkan ke seluruh permukaan kulit wajah yang sudah dibasuh dengan air. Pijat lembut dengan gerakan memutar lalu bilas sampai bersih. Yang aku suka cleanser ini tidak mengandung SLS dan perfume. Jadi kulit rasanya tetap lembab setelah cuci muka dan nggak menimbulkan efek ketarik atau perih pada kulit, cocok untuk kulitku yang sensitif.


Aku pakai cleanser ini nggak cuma saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari, anytime saat kulit wajah berasa kotor aku pakai ini buat cuci muka. Hasilnya wajah jadi lebih fresh, pori-pori lebih mengecil dan lembab.


Busanya juga nggak terlalu banyak dan lembut di wajahku. Wajah terasa bersih, nggak menimbulkan jerawat atau breakouts di kulitku setelah pemakaian 2 minggu ini dan kulit terasa lebih halus. 


BASE Freshly Dew Toner 100ml
Rp.159.000

Setelah wajah bersih, aku lanjut pakai BASE Freshly Dew Toner. Toner ini packagingnya sama dengan Purifying Cleanser, terasa ringan di wajah yang melembapkan dan membersihkan kulit dari sisa kotoran yang mungkin masih tertinggal di wajah. Toner ini juga non-perfumed formula, fungsinya selain sebagai toner bisa juga sebagai essence. Sebagai toner cukup tuangkan pada kapas secukupnya dan usapkan ke seluruh wajah, sebagai essence tinggal tuang ke tangan lalu tepuk-tepuk perlahan ke seluruh permukaan kulit wajah. Yang terakhir, toner ini juga bisa sebagai D.I.Y Mask lho! Yes, kalau kamu punya kapas silcot yang tipis itu bisa banget kamu tuang toner ke kapas tersebut, lipat dan ratakan agar seluruh permukaan silcot terpapar cairannya dan aplikasikan silcot ke wajah sebagai hydrating mask deh ^^


Untuk aku sendiri, aku suka pakai ini sebagai toner biasa karena efeknya sudah cukup menghidrasi kulitku. Sebagai D.I.Y Mask wajib dicoba 2-3x seminggu supaya kulit lebih rileks dan terhidrasi dengan baik. Di kulitku nggak terasa perih sama sekali, nyaman dan nggak bikin lengket. Tonernya super mild, membersihkan tanpa bikin kulitku kering atau jadi kemerahan tapi tetep ampuh membantu membersihkan sisa kotoran maupun make up. I LUV IT!


BASE Freshly Dew Toner ini juga nggak menghilangkan minyak alami di kulit, wajahku tetap glowing dan lembab setelahnya. Kulit jadi makin well-prepared untuk menerima step skincare selanjutnya yaitu moisturizerPokoknya jangan sampai skip toner di skincare rutin kamu ya!


BASE Moisture Cream 30ml
Rp.189.000

Step terakhir atau sebelum pakai sunscreen yaitu moisturizer. Moisturizer ini penting banget untuk kulit, sekalipun untuk kulit yang berminyak. Selain untuk melembapkan, moisturizer juga bisa menutrisi kulit supaya tetap terhidrasi dengan baik sehingga memperlambat tanda-tanda penuaan. BASE Moisture Cream ini non-perfumed product, lightweight, non-greasy formula jadi mudah diserap oleh kulit.


Cara pakainya setelah toner/essence, 2x pump udah cukup ke seluruh wajah. Warna teksturnya kuning dan ringan dipakai untuk kulit wajahku yang berminyak. Nggak bikin muka tambah berminyak ataupun lengket, permukaan kulit terasa lebih plump dan lembab setelahnya.


Aku sih suka sama BASE Moisture Cream ini karena dia ringan di wajahku, memperbaiki tekstur kulit secara perlahan dan tidak menimbulkan breakouts/ jerawat baru setelahnya. Yang pastinya aman buat kulit sensitif dan untukku yang usianya sudah kepala 3, pelembab ini juga mengandung bahan-bahan natural yang bagus untuk mencegah kulit dari penuaan dini.


Pokoknya ketiga produk ini rasanya soothing and calming banget di kulitku. Yang paling penting nggak bikin kulitku breakouts atau muncul jerawat baru, so far aku akan terus pakai karena aku bisa rasain tekstur kulit dan skin barrier juga lebih membaik. Aku lebih suka hasil yang kelihatan pelan-pelan dibanding yang instan, apalagi fokus aku lebih ke maintenance kulit supaya tetap sehat, lembab dan fresh walaupun usiaku sudah kepala 3.

Ingredients-nya bisa kamu lihat di bawah ini beserta fungsinya masing-masing, ini seru banget sih kalau kamu lihat sendiri di skin profile, sekalian menambah wawasan juga supaya lebih aware dengan kandungan yang terdapat di dalam produk skincare kita.


Hero ingredients : Vitamin E, Jojoba Seed Oil, Chamomile Water, Witch Hazel, Camellia Sinensis, Calendula Extract. Vitamin E fungsinya melembutkan kulit, Jojoba Seed Oil untuk mengunci kelembapan kulit, Chamomile Water untuk menenangkan kulit, Witch Hazel sebagai astringent alami untuk mengecilkan pori-pori, Camellia Sinensis sebagai anti-inflamasi dan Calendula Extract sebagai anti-bakteri.


Untuk before dan after, di bawah ini wajahku bare face dan setelah pemakaian 2 minggu aku merasakan kulitku yang tadinya banyak "problem" kaya kembali ke semula. Jadi nih, selama ini aku ngerasa kulitku agak sensitif dan over exfoliating. Beberapa area suka ada muncul dry patches, kadang juga berjerawat dan berminyak. Ternyata sometimes kita harus break atau istirahat sejenak dari berbagai macam produk dan step skincare yang justru memperparah kondisi kulit. Cukup kembali ke basic skincare ternyata ampuh mengembalikan kondisi kulit ke semula walaupun it takes time dan progress juga, tapi setidaknya kita tahu produk apa yang benar-benar sedang dibutuhkan kulit.


Nah setelah pakai BASE skincare aku merasa kulitku terasa normal dan yang aku rasain sih lebih ke memperbaiki skin barrier aku. Kalau katanya being normal is boring, nggak berlaku untuk kulit. Aku suka kulitku yang normal, yah meskipun masih ada beberapa bekas jerawat, pori-pori here and there but I still love it. Malah kalau bisa nih pengen kulit balik kaya dulu pas bayi gitu bisa gak sih? hehehe. Pokoknya ketika kamu udah pakai segala macam produk dan ternyata nggak ada hasilnya atau bahkan memperparah, mungkin udah saatnya kamu coba skincare yang simple dan sesuai dengan kulitmu sendiri. 


That's why aku menyarankan kamu buat cobain skin test, know your skin better and get the right product for your skin. Yang aku rasakan sendiri, kulitku bukan yang tambah cerah atau jerawat jadi hilang tapi lebih ke kulit yang lebih sehat, lembab tapi nggak lengket and I love how it feels, nggak kering/ berminyak. Alright sekian review dariku, semoga bisa bermanfaat dan membantu buat teman-teman yang juga mengalami permasalahan kulit seperti aku.

Good news buat pembaca setia blogku, untuk pembelian min.100K bisa dapetin diskon 35% dengan memakai kode voucher disini ya. Have a great day!


Read this mantra : "I am comfortable in my own skin." "You are unique, so is your skin."


Share:

1 comment

  1. Basic banget skincare nya ya bund.. jadi pengen ikutan skin analisis juga biar ada namaku di kemasannya. wkwk :D


    xoxo,
    http://www.mybeautypinastika.com/

    BalasHapus

Thank you for your comment! Stay safe and healthy. Hopefully your day always bright and beautiful ^^