Benarkah Air Garam Bisa Redakan Nyeri Asam Urat?


Selain menghindari makanan tinggi purin, air garam disebut-sebut bisa meredakan nyeri sendi akibat asam urat. Benarkah? 

Kamu yang memiliki kadar asam urat tinggi biasanya akan merasakan nyeri sendi. Hal ini bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun ternyata, keluhan tersebut tak melulu harus diatasi dengan obat-obatan lho. Karena air garam ternyata dapat meredakan gejalanya! 

“Fakta membuktikan, berendam air garam telah lama dilakukan sebagai metode untuk meredakan stres. Belakangan, peneliti juga mengungkap bahwa berendam air garam mampu meredakan sensasi nyeri yang terjadi akibat asam urat.” ujar dr. Adeline Jacklyn dari KlikDokter.

Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Immunity di University of Manchester membuktikan hal tersebut. Penelitian mendapati, penyuntikan larutan salin ke bagian tubuh hewan yang nyeri dapat secara signifikan meredakan proses peradangan. Mengikuti konsep osmosis, salin menyedot air dari sel-sel yang membengkak sehingga peradangan bisa berkurang.

“Para peneliti menemukan bahwa larutan garam memiliki efek yang serupa. Penggunaan larutan hipertonik (tinggi garam) mampu menghambat potensi sinyal inflamasi pada tingkat molekuler,” dr. Adeline menambahkan. 

Karena itu, osmoterapi dengan larutan hipertonik dapat memberikan manfaat dalam pengelolaan penyakit radang sendi, seperti rheumatoid arthritis, dengan proses perendaman dalam waktu yang lama. 

Peneliti juga menjelaskan, berendam air garam memberikan efek melebarkan pembuluh darah dan efek relaksasi pada otot-otot yang tegang. Dampaknya, persendian yang kencang dan sakit bisa mereda. 

Tips redakan keluhan asam urat 

Tak cuma air garam, beberapa kebiasaan juga bisa meredakan keluhan nyeri sendi akibat asam urat, yaitu: 


  • Minum air putih 
Minum banyak air putih dapat membantu menghidrasi tubuh, juga meredakan nyeri sendi secara perlahan. Hindari minuman manis, terutama sirup jagung yang tinggi fruktosa. 


  • Konsumsi protein 
Produk susu rendah lemak kaya akan protein, dan memiliki efek perlindungan terhadap asam urat. 


  • Batasi asupan daging, ikan, dan unggas 
Kamu wajib membatasi asupan daging, ikan, dan unggas, apalagi yang mengandung banyak lemak. 


  • Hindari alkohol 
Bukti terbaru menunjukkan bahwa bir atau minuman alkohol jenis lain dapat meningkatkan risiko terjadinya gejala gout, terutama pada pria. 


  • Berat badan ideal 
Jika kamu terlalu gemuk, usahakan untuk menurunkan bobot tubuh hingga mencapai berat ideal. Kamu bisa berolahraga secara rutin dan teratur dan menerapkan diet seimbang. 

Salah satu terapi yang bisa kamu coba untuk membantu meredakan nyeri sendi akibat asam urat tinggi adalah berendam air garam. Jika cara ini tak juga meredakan nyeri sendi kamu, sebaiknya jangan tunda lagi untuk berobat ke dokter ya.


Share:

0 comment

Thank you for your comment! Stay safe and healthy. Hopefully your day always bright and beautiful ^^