REVIEW : TARTE SHAPE TAPE CONTOUR CONCEALER LIGHT NEUTRAL FOR ACNE-PRONE SKIN

Sejujurnya sih harusnya Nars Radiant Creamy Concealer dulu yang aku review di blog soalnya draft-nya udah bertengger lama dari beberapa bulan lalu -.- tapi karena aku lagi sering pakai concealer yang ini, yang juga katanya heitttts seantero dunia per-make-up-an dan jadi best seller! Jadilah aku review yang ini dulu yaa :D~ Gimana sih menurutku concealer ini? Is this really gewd? or nay?

Pertama-tama aku mau bahas packaging dulu yaa. Bentuk kemasan luarnya sih ungu gitu dan ada tulisan Tarte yang warnanya emas dan menurutku sih cukup cantik yaa. Aku punya shade yang Light Neutral. Honestly aku sebelumnya punya 2 shade yaitu Light Medium dan Medium. Tadinya aku kira shade Light Medium bakal oke buat undereye sedangkan Medium untuk nge-cover acne spots aku. Ternyataaaa... shade Light Medium masih kurang terang buat undereye which is keliatannya malah lebih pas buat nge-cover acne spots. Sedangkan si shade Medium super duper gelap banget untuk skintone aku , ampun deh! hahahaha. Kayanya sih memang gara-gara concealer ini oxidized di kulitku jadinya shade-nya enggak pas. 


Nah shade yang Medium akhirnya aku preloved dan aku pakai Light Medium. Eh ternyataaaa shade Light Medium juga rasa-rasanya kurang masuk untuk cover jerawat atau bekasnya karena masih sedikiit lebih terang dibanding skintone aku. Yaudah aku pakai buat undereye, ternyata untuk undereye kurang brightening dan sama sekali enggak bikin cerah juga karena ya lagi-lagi shade Light Medium ini kaya yang in between gitu, terlalu gelap sih enggak, tapi enggak bikin terang juga buat undereye. Aku preloved deh dan karena masih penasaran aku purchase deh si Light Neutral.


Ingredients : 
Water/Aqua/Eau, cyclopentasiloxane, methyl methacrylate crosspolymer, cyclohexasiloxane, butylene glycol, PEG-10 dimethicone, trimethylsiloxysilicate, sodium chloride, cetyl PEG/PPG-10/1 dimethicone, 1,2-hexanediol, aluminum hydroxide, amyl cinnamal, benzyl salicylate, butyrospermum parkii (shea) butter, convallaria majalis bulb/root extract, dimethicone/vinyl dimethicone crosspolymer, disodium EDTA, disteardimonium hectorite, ethylhexylglycerin, geraniol, glycyrrhiza glabra (licorice) root extract, helianthus annuus (sunflower) seed oil, hexyl cinnamal, hydroxycitronellal, leontopodium alpinum flower/leaf extract, lilium candidum flower extract, limonene, linalool, magnolia liliflora flower extract, mangifera indica (mango) seed butter, olea europaea (olive) fruit oil, paeonia lactiflora root extract, parfum/fragrance, phenoxyethanol, tocopherol, triethoxycaprylylsilane, triethyl citrate, ulmus davidiana root extract. (+/-): Titanium Dioxide (CI 77891), iron oxides (CI 77491, CI 77492, CI 77499).


Tarte Shape Tape Contour Concealer
Shade : Light Neutral
net 10ml / 0.3381 fl.oz.
Made in Korea

A best-sellingfull-coveragevegan, blendable concealer that instantly brightens, smooths & shapes skin. Provides a flawless matte finish that won’t flake or crease, even if you have dry skin, fine lines, or pore problems – no setting powder necessary. Mango seed & shea butters naturally regenerate & illuminate all complexions, letting you play with light to lift your features.

  • shea butter : a natural skin emollient that helps retain skin elasticity and protects against degeneration
  • mango seed butter : vitamin-rich butter helps moisturize, condition and protect against free radical damage
  • licorice root extract : brightens the appearance of dark circles & color corrects

Formulated without:
Parabens
Mineral oil
Phthalates
Sodium lauryl sulfates
Gluten

source here




Aku sih udah tau kalau Light Neutral bakalan pas buat di undereye aku, tapi bukan buat cover acne. Skintone aku yang sekarang memang lebih terang dibandingkan beberapa bulan lalu soalnya (udah lumayan lama enggak ke pantai juga sih jadinya kulit lebih putih ~ dikiiit) hahaha. Eh pas aku pakai langsung buat undereye aku puas banget! Karena instantly bikin bright undereye aku banget, kaya yang awake dan udah tidur cantik 8 jam gitu , fresh banget pokoknya. Untuk cover pimple aku deg-degan banget bakal ga pas shade yang ini, eh pas aku apply langsung di pimple awalnya memang dia kelihatan lebih terang tapi pas udah aku blend dan apply powder, Oh My GOD where are my pimples??? Can you see that???
  

Kamu bisa lihat bekas jerawat yang masih aktif warna merah tadi diatas alis aku dan yang di atas pipi langsung disappear! Canggih bukan main hahahahaha *lompat-lompat kegirangan* sebenernya ini concealer yang dikhususkan buat kontur, jadi diluar sana banyak yang beli shade gelap dan shade terang untuk contour-ing... tapi aku rasa coverage-nya yang full dan agak cepet kering enggak akan pas buat contour-ing di aku yaa, honestly emang aku juga enggak terlalu suka nge-kontur wajah. Somehow aku ngerasa concealer ini agak berat kalau terlalu banyak di aplikasikan di wajah juga.


Karena teksturnya creamy dan menurutku super thick, ini beneran harus cepet banget di blend kalau enggak bakal nge-set nemplok plek plek dan rada susah di-blend. Coverage-nya sih jangan ditanya lagi udah plis, udah juara lah ya. Belom lagi packaging yang menurutku rada lebih gede dibandingin concealer sepantarannya, (isinya 10ml) oh meen engga berasa sakit hati banget lah ya jadinya walaupun agak pricey juga ~.~ anyway foto dibawah ini untuk base-nya aku sama sekali enggak pakai foundation, hanya pakai concealer dan mineral powder dari Revlon aja.


Aku sih enggak terlalu masalah sama aplikator yang ujungnya rada kegedean gini, tapi ya downside-nya memang produk yang keluar jadi boros gitu alias kebanyakan keambil. Saran aku, untuk apply concealer ini enggak perlu banyak-banyak yang sampe kamu gambar segitiga gitu, nope... kamu cuma butuh beberapa dots aja udah cukup banget buat beberapa bagian bahkan semuka hehehe.


Sayangnya, kalau kamu kulitnya lagi kering dan dehidrasi, concealer ini bisa emphasized dry patches kamu. Aku ngalamin banget, kulitku lagi jerawatan dan pakai obat jerawat, which is area bawah mata aku pun jadi kaya kena dampak si obat jerawat itu, jadi kering walaupun beberapa bagian kaya T Zone masih oily. Nah di bagian yang kering itu, concealer ini agak susah diblend dan ada dry patches-nya gitu, keliatan ngelupas juga dikiiiit. Aku bakal tunjukin yang aku maksud ya, kamu bisa liat foto dibawah ini :

Ini yang di jidat aku :


Dan ini yang dibawah mata aku :


Untuk performanya aku sih salut ya, dia tahan hampir 6-7 jam enggak creasing di aku. Kamu bisa lihat review-nya di channel Youtube aku yang udah aku embed di akhir postingan ini yaa! Oh iya sayangnya , di aku concealer yang menurut aku "hebat" ini bikin breakouts dan anehnya cuma di bagian jerawat aku. Jadi kalau aku apply untuk nutupin jerawat, pasti abis itu langsung muncul jerawat baru disekitarnya atau bisa dibilang beruntusan gitu. Dan jerawat yang ditutupin jadi lebih bumpy gitu sih, I think. Nah kalau untuk nutupin undereye sama sekali ga ada problem, alus pisan dan smooth. Jadi bingung sih, tapi yaudahlah berarti emang aku pakainya khusus buat undereye aja biar gak bikin kulit aku di bagian yang berjerawat jadi tambah bermasalah. Aku udah sampe trial berkali-kali untuk ngebuktiin beneran gak sih ini bikin breakouts di wajah aku, ternyata pas aku pakai hanya buat undereye, sama sekali setelah itu gak ada masalah. Tapiiii saat aku coba apply lagi buat di bagian jerawat, hmmmppphhh gak lama langsung kaya merah-merah dan berasa kaya ada jerawat kecil juga T_T padahal aku suka banget sama coverage-nya yang bisa nutupin jerawat aku dan bikin kulit juga keliatan smooth and poreless!


What I Like :
Tahan lama dan enggak creasing
Full coverage
Isinya lebih banyak dibanding concealer lainnya
Cruelty free
Instantly brightening my undereye
Waterproof - smudgeproof
No transfer, nempel awet wet wet!
Kelihatan smooth dan poreless

What I Hate :
Terlalu cepat kering atau nge-set
Pilihan shade yang tricky contohnya shade Medium terlalu gelap, 
Sedangkan pilihan shade bermacam-macam seperti Light aja ada beberapa -> Light medium, Light Neutral dan Light Medium Honey >.<
 Jadi makin bingung karena enggak bisa coba langsung testernya karena belum ada konter resmi di Indonesia!
Oxidized alias menggelap 1 tingkat di aku
Menimbulkan breakouts di wajahku
(hanya apabila dipakai di area yang ada jerawat)

Price :
Sekitar Rp.450.000,00

Where To Buy?
Karena belum ada konternya di Indonesia, jadi baru bisa dibeli secara online aja. Dan hati-hati karena banyak beredar fake alias tiruannya mungkin karena emang hits banget produk Tarte yang satu ini hufttt!


Nah menurutku sih ya, concealer ini bakalan oke banget buat kamu yang kulitnya super duper oily dan yang punya dark circle atau kantung mata yang lumayan gelap. Coverage-nya yang full dan thick, bisa nutupin bekas jerawat atau noda-noda hitam dalam hitungan detik. Tapi buat kulit yang kering rasa-rasanya aku enggak merekomendasikan concealer ini, kecualiiiii kalau kamu udah prepare dengan pelembab super hydrating dan kulitnya enggak lagi dehidrasi , aku rasa bakalan fine-fine aja. For acne prone skin, aku saranin ada baiknya kamu coba tes kaya aku, it's causing breakouts on me and my acne is getting worse than before. Takutnya bisa bikin kulit kamu breakouts karena bisa jadi di aku breakouts di kamu enggak , yaa kaaan... soalnya kulit orang beda-beda, but it works totally perfect for my undereye without any problem at all, except my dry patches (karena kulitku emang lagi kering banget di beberapa area, moisturizing your face will help your skin!).

By the way silahkan mampir yaa di Youtube Channel aku dibawah ini atau bisa search aku ShaAullia , kamu bisa juga request dan komen yaa ^^ Jangan lupa subscribe juga! Thank you so much and Have a nice weekend my dear :)



Share:

1 comment

  1. suka banget sama tekstur countournya, cuma harganya pricey ya.. :)

    BalasHapus

Thank you for your comment! Stay safe and healthy. Hopefully your day always bright and beautiful ^^