Dear Grace, My Bestfriend...

Hi sahabatku Grace...

Sahabatku bertumbuh, grow up... menjadi dewasa... Sahabatku dalam menjalani kehidupan, mulai dari hal-hal kecil, hal-hal ringan... tertawa konyol cuma gara-gara hal sepele, jalan-jalan ke mall walaupun gak punya uang tapi kita happy... kita bisa ketemu, ngobrol, tertawa dan menjalani masa-masa muda kita dengan bahagia dan seru hehe sampai akhirnya kita belajar menjadi dewasa dengan berbagai masalah dan beban yang begitu berat, ternyata bertumbuh tidak mudah yah bey?

Gw ngetik ini sambil dengerin "For Youth" BTS nih bey ^^ tau kan kalo gw suka BTS hehe, lagi apa bey?
"You're my bestfriend for the rest of my life."


Ini hari kedua setelah kepergian lo bey, kepergian lo tanpa kata-kata ... tanpa pamit, tanpa perpisahan dulu ke gw. Iya gak apa-apa bey, mungkin lo saat itu terlalu sakit, menahan rasa sakit yang selama ini lo coba tahan, lo coba tunjukkan segala kekuatan lo supaya orang lihat lo baik-baik aja. Lo bilang ke gw, lo gak mau dilihat orang lemah, sakit-sakitan, lo mau orang lihat lo dengan keadaan yang happy dan ceria. Gw juga belum jadi mewujudkan impian kita liburan ke Bali bareng bey :') lagi lihat-lihat chat kita penuh dengan impian dan keinginan yang indah hehe.


Bey, rasanya kehilangan sahabat tuh ternyata seperti ini yaa... Rasanya kosong, sesak, sedih, berduka jadi satu bey. Terlalu banyak kenangan kita bersama sebagai sahabat. Kita sahabatan dari tahun berapa sih bey? 2007 bukan? Saking lamanya gue lupa, kenal dari Radio 88.4 FM jaman penyiarnya masih Adrian Martadinata ya bey. Terus kita ketemuan di Blok M, lo gothic banget dulu gayanya wkkwkw. Pertama kali gw lihat lo bey, gw udah tahu lo akan jadi sahabat gw selamanya. Bey, lo adalah sahabat gw di berbagai musim kehidupan gw. Lo saksi hidup gw, lo orang yang selalu ada di saat gw terpuruk maupun gw bahagia. Lo memiliki arti besar di dalam hidup gw, bukan sekedar teman haha hihi. Lo adalah bentuk kasih sayang yang Tuhan berikan ke gw, sahabat yang setia kawan dan selalu berusaha jadi yang terbaik.


Saat gw ngetik ini, fikiran gw udah mulai tenang bey, gw udah nggak nangis lagi bey ^^ tangan gw udah gak gemeteran lagi kaya hari saat dimana gw tahu lo udah nggak ada. Hari itu paling berat bey, mau tahu ceritanya gak bey? Kok gw bisa tahu lo gak ada padahal gak ada yang hubungi gw, nggak ada satupun yg kabarin gw. Bahkan gw bisa tau kalau lo udah ga ada bey...jauh jauh sebelum hari itu tiba.


Gw lagi scroll gallery hp dan foto-foto kita nih bey, setidaknya bisa mengobati rasa rindu dan sesak di dada gw. Hampir separuh gallery isinya foto lo, kebiasaan lo adalah bikin memori hp gw full sama foto lo dengan berbagai angle kalau ketemuan wkwkkw. Ya ampun bey, gw kenal lo udah lama bey, gw tahu gimana sifat-sifat lo... kebaikan lo, kekurangan lo, semua gw terima sebagaimana lo juga menerima segala kekurangan dan kelebihan gw sebagai sahabat lo. Gw tahu lo orang yang kuat, lo strong! Gw tahu lo bukan tipe orang yang gampang menyerah, gw tahu lo selalu berusaha atas apapun yang lo mau dan gw tahu gimana perjuangan lo. Lo sangat begitu dekat dengan keimanan dan ketuhanan yang lo pegang. Lo percaya mukjizat itu nyata...


Bey, gw masih inget banget 29 September 2022... pertama kali lo ngasih tau gw kalau paha lo membesar, lo udah notice ada yang nggak beres. Lalu di 1 Oktober 2022, lo ngasih tau ke gw kaki lo bengkak tiba-tiba. Saat itu lo udah ke dokter dan lo berdoa supaya bisa normal kembali, dokter bilang indikasi jantung. Saat itu lo masih mengucapkan syukur, karena apa yang lo alami adalah maksud Tuhan menyatakan cintanya pada lo. Seluas itu hati dan rasa syukur yang lo tunjukkan.

Tanggal 8 Oktober 2022, lo ngabarin gw dan lo minta doa dari gw... Lo bilang kalau lo harus melakukan pemeriksaan, cairan menumpuk di tubuh lo. Gw bilang ke lo, semoga gak ada apa-apa. Gw doain lo pasti. Lo bilang lo kena edema, pembengkakan di kaki dan minta doa untuk melakukan serangkaian pemeriksaan pengobatan hingga pemulihan. Gw coba menguatkan, gw minta lo untuk jangan kemana-mana dulu, istirahat.

24 Oktober 2022 gw lihat status WhatsApp lo, saat itu gw jarang banget lihat status WA siapapun karena kerjaan lagi menyita waktu gw. Gw mendoakan lo cepet sembuh dan update kabar ke gw, lo membalas dengan bilang terima kasih.

Bey, gw minta maaf... karena gw sering banget melewatkan panggilan masuk dari lo, bukan di sengaja tapi karena gw bener-bener sesibuk itu.Tapi selalu saat gw tau lo menelepon gw dan gak kejawab, gw pasti langsung chat lo. Sampai di tanggal 1 November 2022, lo ngasih tau kalau tanggal 3 November akan dilakukan pemeriksaan di RS Bintaro, lo minta doa supaya hasilnya baik dan diberikan kesabaran dalam segala pengobatan.


Gw sebagai sahabat merasa sedih, gw baru sadar saat lo mengabarkan itu sampai di tanggal 10 November 2022... lo mengabarkan kalau ada masalah di kelenjar dan pembuluh darah antara kelenjar getah bening, gw baru bales bey, maafin gw.

Dan lo kirim foto ini. Lo masih memikirkan orang lain, lo masih ceria... lo masih menghibur gw... padahal mungkin lo lagi ngerasa sakit yang amat sangat.


Tanggal 11 November 2022, lo bilang lo mau ke Bandung nonton St Loco. Gw bilang apa lo kuat? Gw aja udah nggak kuat semenjak umur diatas 30, badan gampang encok hehe. Tapi akhirnya pun lo gak jadi ke Bandung. Lo juga cerita kalau lo direkrut untuk event sama temen lo, lo disitu semangat dan happy banget, gw pun mengucap syukur alhamdulillah.

Semenjak itu kita intens lagi chat dan saling ngobrol, kita mengenang masa-masa muda kita yang indah ya bey. Gw tanya ke lo, lo inget gak MCD kemang, kita selalu nongkrong di daerah kemang dengan notebook pink gw hehe. Lo yang ajak gw naik kopaja, lo bentuk gw jadi cewe yang nggak manja, berani dan mandiri. Lo jawab ingat, lo minta gw bikin video foto kita yang koplak... Tapi saat dulu kan gw belum berhijab bey, hehe. Gak cuma itu, kita juga banyak rewind masa-masa muda kita via DM... Kita tuh selalu berkomunikasi nggak cuma di WhatsApp tapi juga Instagram hehe kita multitasking banget yah bey ^^


Tanggal 15 November 2022, gw chat lo untuk bilang ke lo jangan terlalu stress dan banyak fikiran... fokus kesehatan aja, jangan mikirin yang gak perlu difikirin, sakit itu sumbernya fikiran. Lo bilang memang banyak yang lo fikirkan, hal yang menyakiti lo, hal yang bikin lo drop dan takut. Gw tahu saat itu perasaan lo bey, lo butuh support dan dukungan...

Di 21 November 2022 lo minta doain untuk tindakan operasi, di perut sebelah kanan lo, antara tumor, miom dan kista yang gede banget. Selama 4 hari lo ngerasa nyeri hebat, lo periksa ke dokter dan disuruh tindakan operasi. Lo minta diselipkan nama lo di dalam doa dan sholat gw. Gw baru bales saat gw mau sholat bey, pas banget gw baca dan gw sholat. Setelahnya gw doain lo supaya Tuhan angkat segala penyakit dan lo dipulihkan. Lo masih sempet-sempetnya muji gw mirip irish Bella, heran ☹️


Lalu hari-hari berlalu dan ternyata lo diberikan ujian, papa Mario mantan tersayang lo berpulang... disitu gw lihat lo sedih banget... Gw hubungi lo dan kita ngobrol lamaaaa banget hehe. Lo ketawa-tawa saat gw coba ngelucu, lo bikin gw balik ke mode gw yang dulu, bukan mode gw yang sekarang yang banyak diem dan memendam semua sendiri. Gw happy bisa ngobrol sama lo saat itu bey ^^


Tanggal 1 Desember 2022, lo bilang kalau yang lo alami bukan kista tapi hasil diagnosa USG lo adalah Tumor/massa. Perut lo nggak membesar cuma kalau ditekan ada benjolan. Lo juga nyuruh gw untuk rajin check up, terutama wanita. Lo bilang kalau tumor lo udah lebih dari setahun dan ukurannya 11 cm. Disitu gw coba tenangin diri gw dan menenangkan lo. Di 2 Desember 2022 lo bilang pengen ke Bandung, biar nggak stress untuk operasi, gw bilang ke lo nabung-nabung dan fokus kesehatan dulu dan 3 Desember 2022 gw liat status WA lo dengan wajah happy mau jalan check up, gw bilang semangat ^^ dan lo video call gw tapi seperti biasa ga keangkat karena gw lagi dandan buat kerja foto-foto. Tapi gw sempatkan bikin video buat semangatin lo ^^ dan gw kirim ke lo, lo bilang gw cantik. Gw pamer kutek baru gw...Lo satu-satunya sahabat gw yang selalu bilang gw cantik... bahkan kita malah bahas kuku jengkol dan kuku pete, kuku lo jengkol bey gw pete dan lo bilang kalau nanti lo udah operasi lo gak bs makan jengkol pete favorit lo >.< hehe


Di 11 Desember 2022 gw lagi seneng banget main aplikasi yang ubah foto jadi anime, gw kirimin lo beberapa dan lo bales. Di tanggal 15 Desember 2022, lo bilang lo habis foto-foto dagangan anting lo hehe. Lo merasa bersyukur cita-cita lo jualan anting terwujud, walaupun kecil-kecilan. Gw bilang semangat, kita sama-sama kerja keras yah! Gw kirimin foto gw, lo kirimin foto lo.


16 Desember 2022... lo bilang gw keren, semua temen lo pada bilang, gw keren banget. Udah cantik, kreatif. Lo bilang gitu, lo satu-satunya penyemangat dan support gw nomor satu bey. Sekarang gw harus cari dimana bey? Sahabat yang selalu bilang gw cantik, dukung dan support gw dengan tulus???? Bahkan gak cuma ke gw, tapi ke orang-orang yang lo sayang seperti Mario setelah kehilangan papanya. Lo mengasihani dan care dengan dia, lo masih sempet-sempetnya mikirin orang lain disaat lo sendiri lagi sakit parah. Bey? Gw harus gimana...


Lalu datang hari dimana salah satu penyesalan gw bey. Tanggal 24 desember 2022 siang hari lo bilang kalau lo pengen ke Bandung, tanggal 26 dan 27 saat gw ultah. Lo hubungi gw tapi gak keangkat,sedih banget bey. Gw baru bales sorenya dan gw bilang sibuk banget dengan kerjaan, masih banyak deadline dan gw bilang santainya diatas tanggal 27 Desember. Disitu lo cuma bales "Oh gtu"...


Di hari natal, gw kirimkan ucapan berbentuk video animasi.. gw selalu mendoakan lo agar diberikan kesehatan, kebahagiaan dan keberkahan. Disitu lo cuma bales "thanks bey"...

Di tanggal 26 Desember 2022, bahkan belum lewat jam 12 malam... lo kirim voice note dan ucapan ulang tahun buat gw... pagi harinya saat gw bangun , gw baru balas.

Lo video call gw di hari ulang tahun gw tapi sekali lagi ga keangkat, di hari ulang tahun gw, gw sibuk banget bey, saking sibuknya gw aja nggak upload foto ulang tahun gw... Gw cuma posting kerjaan...

28 Desember 2022, lo komentar lemari yang dibeliin bokap gw sebagai kado ulang tahun gw. Lo bilang bagus dan gw ajak lo ke Bandung, sehabis tahun baru. Jawaban lo "Iyaa, semogaaaa ya bey". Disitu gw balas untuk fokus ke kesehatan lo dulu aja yaa.. Bey seandainya gw tahu, maksud lo semoga...adalah mungkin lo udah tahu kalau lo gak bisa ketemu gw lagi...

Sampai di 1 Januari 2023 lo cuma komen jayan-jayan nih sama onti ^^ saat gw posting gw lagi jalan sama keponakan-keponakan gw. Dan disitu gw cuma bisa selipkan emoticon bey, karena lagi family time dan gw gak sempat untuk ngobrol sama lo bey...

Sampai waktu demi waktu berlalu, gw mulai sibuk lagi dikejar deadline.. sampai di tanggal 12 Januari 2023 lo hubungi gw supaya gw follow dagangan jus buah lo. Bey, bahkan disaat itu lo masih semangat dan berusaha! Gw bales gw lagi edit video nanti pasti gw follow, disitu gw menyesal bey... Gw follow besoknya dan mulai sibuk lagi sampai di tanggal 16 Januari 2023, gw lihat status WA lo lagi di IGD Rs. Fatmawati dan minta didoakan. Gw langsung balas bey, gw bilang ke lo untuk semangat... Tuhan pasti kasih kesembuhan dan jaga lo disana...


Bey.. ini yang terberat...

Setelah 16 Januari 2023 itu.. gw gak lihat lo update apapun lagi sampai di Senin tanggal 23 Januari 2023, hati gw tergerak buat hubungi lo dan saat itu ceklis satu. Bey seumur-umur baru kali itu gw WA lo ceklis satu bey. Disitu hati dan fikiran gw gak enak, gak tenang. Bey apa kabar? Lo baik-baik aja kan? Grace?


Bey gw overthinking nih, gw baru cek Instagram lo, terakhir posting di 12 Januari, gw lagi sibuk banget sama kerjaan jadi nggak ngeh dan pas sempet lihat status WA lo di 16 Januari di IGD. Semoga lo baik-baik aja ya...

Gw selalu doain lo supaya sehat dan sembuh dari penyakit yang ada...semoga lo baik-baik aja...kalau udah dibaca bales yah bey... thank you..

Masih ceklis satu, hari Selasa tanggal 24 Januari 2023... gw chat lo lagi...Lo baik-baik aja kan? Lo ganti nomor tapi kenapa nggak ngabarin? Semoga lo baik-baik aja... Gw gak tenang, feeling gw gak enak...semoga emang lagi habis kuota atau hp lo rusak jadi ga aktif. Gw coba hubungi ke nomor biasa juga ga aktif, mungkin lo ganti nomor, semoga... Gw hubungi sahabat kita juga Shinta, karena gw gak tau harus hubungi siapa lagi. Gw gak tahu nomor temen-temen rumah lo atau keluarga lo bey :(


Hari Rabu 25 Januari 2023, fikiran gw udah kemana-mana bey.. kali ini gw cuma tes chat "bey" karena gw tahu akan tetap ceklis satu. Tahu kenapa? Karena gw udah tahu bey, ada yang nggak beres...feeling gw bener-bener bilang kalau lo udah nggak ada :(


Kamis tanggal 26 Januari 2023 gw masih belum menyerah, gw chat lo lagi... gw tanya apa lo ganti nomor dan udah berhari-hari, gw tanya apa lo baik-baik aja... gw coba mengingkari feeling gw yang udah nggak enak bahkan dari hari pertama gw chat lo dan itu hanya ceklis satu.

Tiba di hari yang paling gw takutkan bey... tanggal 27 Januari 2023, hari Jumat... hari persis sebulan dari gw ulang tahun bey... Gw udah capek cari-cari lo bey, gw cek Facebook lo, Facebook nyokap lo... Alhamdulillah nggak ada sesuatu yang gw takutkan. Tapi ntah kenapa tergerak hati gw untuk menulis di Instagram lo, di postingan terakhir lo 12 Januari 2023. Bey R U Okay?

Dan nggak lama ada yang bales bey, gw berharap itu lo beyyyyyy...

Ternyata orang lain dan mengabarkan kalau lo udah nggak ada :((((((


Bey ini yang paling gw takutkan dan selama berhari-hari bikin gw gak tenang, bey gw cariin lo bey, sahabat gw...

Lo ternyata sudah berpulang bey :( Persis setelah beberapa saat gw tulis di Instagram lo... Siang itu lo berpulang...



Lo pasti udah bahagia ya bey? Buru-buru banget sampe nggak sempet kabarin gw hehe.. Bey, gw bahagia lo udah nggak sakit lagi...

Bebey... gw nangis lagi nih jadinya :')

Makasih ya bey sampai akhir selalu semangat dan berjuang!!!

Nama lo akan terukir di hati gw sebagai sahabat terbaik gw...

Bey, maafin gw dengan segala kekurangan gw sebagai sahabat... Insya Allah gw udah lebih kuat, gw dateng ya bey..

Nanti gw ke makam sama sahabat kita yang satu lagi si Shinta...^^

Gw nanti bawain bunga buat bebey...

Nanti gw pakai outfit yang keren buat bebey, lo paling suka gw pakai baju hitam... gw nanti pakai baju hitam yah ^^ Lo selalu bilang gw keren, cantik...

Bey, lo lah sahabat gw yang paling keren dan cantik... Lo sekarang udah di tempat terindah, bertabur bintang-bintang. Kaya di foto ini, lo abis mandi dan langsung minta gw fotoin lo pakai baju Minnie Mouse pula wkwkkw lucu banget bebey...


Makasih udah samperin gw ke Bandung yah di bulan Juni 2022 lalu, itu berarti terakhir kita ketemu. Makasih udah mau nemenin gw disini ya bey, tidur sama gw, tinggal di rumah gw beberapa hari...


Makasih udah temenin gw sarapan kupat tahu hehe, temenin gw jalan di Braga, temenin gw ke tempat yang gw pengen di Bandung... Maafin gw yang belum sempurna jadi sahabat buat lo yah, masih suka marah-marah, suka cengeng, suka ngeselin dan keras kepala. Terima kasih udah sabar dan sayang sama gw yah bey...


Semoga tenang di sisi Tuhan ya bey ^^



Rest In Peace, Grace Aprilyana Situmorang

22 April 1988 - 27 Januari 2023

Rest In Peace... Beautiful soul...

Love you!


Bey lagunya Taylor Swift yang Bigger Than The Whole Sky juga enak, lagu ini persis seperti apa yang gw rasakan sekarang bey... 

Goodbye, goodbye, goodbye...
You were bigger than the whole sky...
You were more than just short time...

Goodbye my bestfriend, until we meet again...


Tanggal 4 Februari 2023, akhirnya kita bisa ketemu lagi bey ^^ gw dateng sama Shinta, sahabat lo juga. Lo kenal Shinta karena Shinta temen deket gw dulu pas kuliah sampai akhirnya lo juga jadi deket sama Shinta. Bey, nggak cuma Shinta... semua orang yang deket sama gw pasti kenal lo karena sebegitu hadirnya lo dalam kehidupan gw. Sahabat di setiap musim, seperti yang pernah lo bilang ke gw hehe. Semua mendoakan lo bey, semua mengenal lo sebagai orang yang baik, care dan tulus. Gw bangga sama lo bey :') Seminggu sudah lo pergi bey, we miss you bebey. 

Saat gw sama Shinta dateng, hujan turun rintik-rintik bey. Setengah berlari, kita ke makam lo. Lumayan jauh dan driver grab-nya nyebelin nggak mau anter sampai ke dekat makam ☹️ akhirnya gw sama Shinta sampai juga di pemakaman baru... yang tanahnya masih merah bey. Nggak lama kita tanya ke bapak-bapak penjaga makam disana, saat bapak itu tunjuk ke papan yang di depan gw dan bilang "Ini Grace..." ya ampun ternyata makam lo di barisan pertama yang ada disitu, persis di depan gw :')

Seperti biasanya kalau kita lagi janjian mau jalan, lo gak mau gw bingung nyariin lo, makanya lo udah ada di paling depan yah bey? Bebey, jangan pernah merasa sendirian dan kesepian yah... Gw disini selalu doain lo, maafin gw nggak bisa menahan tangis saat di makam tapi gw lega karena udah ketemu lo bey dan mencurahkan apa yang ada di dalam hati gw. Beristirahatlah dengan tenang dan damai, sahabatku...


Sejatinya kematian adalah pengingat kepada yang hidup, bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini dan semua pasti akan kembali ke sisi-Nya. Sebenarnya tidak ada satupun manusia yang patut merasa kehilangan, atau ditinggalkan karena sesungguhnya hanya masalah waktu yang menjadi rahasia sang Khalik, siapa yang akan kembali terlebih dahulu ke pangkuan-Nya.  Kita tidak tahu siapa yang akan pertama kali datang pada kita, ajal ataukah jodoh... Wallahu a'lam... hanya Allah yang lebih mengetahui.

Share:

0 comment

Thank you for your comment! Stay safe and healthy. Hopefully your day always bright and beautiful ^^