FOUNDATION DRUGSTORE TER-KECE : WET N WILD PHOTOFOCUS FOUNDATION REVIEW

Sebagai pecinta makeup yang selalu penasaran buat nyobain foundation yang hasilnya bagus di kulit muka, akhirnya setelah cari review sana sini akupun memutuskan buat beli foundation dari drugstore lagi. Sebelumnya aku udah klop banget sama foundie YSL Fusion Ink dan Shu Uemura Petal Skin but aku kayanya butuh foundie yang bisa dipake buat sehari-hari biar si foundie high end nggak cepet abis, mehong yee kaaan... Dulu sih sempet lama pakai Revlon Colorstay Foundation tapi makin kesini sadar kalo itu foundie super duper heavy buat sehari-hari dan suka jerawatan di sekitar mulut dan dagu walaupun emang hasilnya flawlessss abesss. Tetep aja kurang suka deh, makin kesini kayanya pengen foundie yang ringan-ringan aja rasanya ke kulit tapi tetep mau yang coverage-nya oke. Akhirnya jatuhlah pada pilihan Wet n Wild Photofocus Foundation.


Dilema pilih shade foundie ternyata nggak kelar-kelar nih buat aku yang emang skintone-nya bisa dibilang light medium, nggak yang terang banget tapi juga bukan sawo matang. Udah gitu foundie dari Wet n Wild ini kurang lengkap sih pas aku beli di konter kosmetik deket rumah (Beau Cosmetics). Jadi pilihan shade-nya pas aku mau beli cuma ada warna terang kaya Soft Ivory, Rose Ivory, trus warna yang agak gelap Buff Bisque sama Bronze Beige. Dengan ke-sotoy-an aku beli yang Buff Bisque karena di packaging emang tertulis Light to Medium (Neutral). Firasat sih pas swatch ke tangan rada peachy and warm banget, eh beneran pas dirumah dan coba langsung ke wajahku yang bare face, bikin wajahku orange-ish dan kusam. Sedihhhhhh! Akhirnya aku beli shade lainnya (after googling and make sure again shade yang aku beli harus pas kali ini) aku putuskan beli online karena di olshop pilihan shade jauh lebih lengkap.



Source here

Aku beli shade Soft Beige which is satu tingkat diatas Buff Bisque. Sama-sama tertulis Light-Medium di packaging hanya saja Soft Beige lebih tertuju untuk undertone warm. Pas aku swatch, si soft beige memang lebih terang and less peachy juga. Pas aku apply ke wajah juga warnanya nyatu sama warna leher aku (soalnya kalo warna mukaku udah jelas lebih terang dari leher). Thanks God aku fikir, finally yang ini "lebih" masuk ke skintone aku. Tapiiiiii nih, ternyata lama-lama foundie wet  wild ini kaya oxidized deh dikulitku dan entah mengapa foundie dari drugstore emang rata-rata selalu oxidized di wajahku T_T




Jadi kayanya aku bakalan mix sama shade yang lebih terang biar wajahku tetap cerah dan nggak menggelap. Kenapa sih aku masih penasaran sama shade yang pas? Karena kalau untuk hasilnya di wajahku aku SUKA BANGET guys! Dia miriiiip banget sama NARS Sheer Glow, baik teksturnya yang liquid dan pas di apply dia smooth and gak blotchy, hasilnya pun satin tapi bukan yang dewy gitu. Maybe between satin-matte finish with medium coverage. Sayangnya baunya ngga enak sih, kaya bau cat yang bener-bener menohok gitu pas apply, walaupun pas udah nge-set aku nggak cium baunya lagi tapi tetep agak mikir kalau nanti cipika cipiki trus orangnya nyium bau foundie ini gimandose yak ? :)) cipika cipiki ama sapaa eluuuu bul #eh


Saat di tes ketahanannya setelah berwudhu :



Setelah wajah aku keringkan menggunakan tissue :



Dari gambar diatas bisa dibilang saat aku berwudhu, foundie ini tetep nempel di wajahku hanya saja ada beberapa area yang creasing, seperti dibawah mata dan bagian dagu. Sedangkan area lainnya, foundie dari Wet n Wild ini masih stay di kulit wajahku. Menurut aku sih masih normal ya, secara aku nggak pakai primer dan cuma pakai bedak tabur aja untuk finishing-nya. Foto dibawah ini saat aku menggunakan foundie Wet N Wild Photofocus ini di outdoor dengan kamera digital :



Foto dengan smartphone (kamera depan):


Yang paling bikin aku suka lagi, dia nggak bikin kulitku breakouts! Pas aku googling sana sini banyak yang bilang foundie ini bikin mereka breakouts atau jerawatan, alhamdulillah di aku yang acne prone and oily skin ini sih enggak (please read update-an aling akhir postingan yaa). Aku pakai tanpa primer dan pakai bedak tabur aja sekitar 2-4 jam masih oke... selebihnya kudu touch up. Tapi yang paling amazing dan kenapa aku bilang KECE, Wet n Wild Photofocus ini beneran sesuai namanya, cakep banget buat foto-foto baik indoor maupun outdoor. Muka aku jadi glowing and flawless gitu tapi nggak too much kelihatannya. Harganya pun terjangkau, yah walaupun ada lagi nih minusnya yaitu nggak ada pump tapi okelah masih ada bentuk spatulanya. Aplikator buat blending, favorit aku masih pakai beauty blender sih dan emang aku udah nggak pernah lagi pakai brush-brush an buat apply foundation.

What I Love
Hasilnya ringan di kulit wajahku
Medium coverage and buildable
Super easy to blend
Smooth and natural finish
Good for selfies or taking photos
Harganya terjangkau

What I Hate
OMG The smell!
Oil Control-nya kurang banget buat kulit berminyak kaya aku
No pump
Shades yang tricky

Price
Aku beli di konter sekitar Rp.149.000 sedangkan di online shop jauh lebih murah Rp.10.000-20.000an

Repurchase?
Yes, mau beli shade yang lebih terang buat di-mix


Overall menurutku foundation ini cukup worth to buy and try, selain emang harganya juga termasuk murah, hasilnya juga nggak kalah kok sama foundation high end yang udah aku coba dan so far ini dupe-nya NARS Sheer Glow sih menurutku. Cuma beda di baunya dan harganya aja hahahaha. Wet n Wild Photofocus ini kayanya cocok buat yang kulitnya normal deh tapi buat oily skin kaya aku asal ditimpa bedak matte atau primer yang nahan minyak bakalan lebih oke. Untuk dry skin aku rasa juga cocok-cocok aja asal base-nya tetap moist dan lembab sebelum apply foundie ini. Buat kamu yang punya bekas jerawat yang samar-samar dan nggak terlalu kelihatan, hasil foundie ini bakalan medium to full tapi buat yang banyak banget bekas jerawat dan butuh yang full coverage, kamu tetep butuh concealer deh buat lebih nge-cover. Oh iya selain foundie, aku juga beli beberapa produk makeup dari Wet n Wild seperti Mega Glo Highlighter yang nge-hits itu dan Bronzer-nya juga (dua-duanya aku pakai di foto diatas!). Next bakalan aku review disini juga kalo nggak males yaaa hahaha >.< Anyway, sekian review sederhana dari aku... See you when I see you!

*updated : Jadi beberapa kali pakai, ngga ada reaksi apa-apa, tapi baru aja aku pakai lagi untuk photoshoot and jreng-jreng muncul 2 jerawat gede di dagu dan sekitar jawline setelah aku hapus makeup. Aku emang sering jerawatan di bagian tersebut but I swear sebelum apply foundie, dua jerawat itu tuh ngga ada >.< padahal suka banget sama hasilnya di wajahku apalagi hasil fotonya itu kinclong banget! Hiks! TERNYATA PAS AKU COBA PAKAI LAGI, nggak ada JERAWAT BARU YANG MUNCUL KOK! Masih bingung sih bikin breakouts atau nggak :)) Tregantung kondisi kulit masing-masing sepertinya...


Share:

4 comment

  1. I heard so many amazing things about this foundation and it looks great on you ! I will be glad, if they avail this in U.K online and stores as well ! I am recently done with my makeup classes for beginners by Lina Cameron , I try to practice as much as I can to improve my skill. I can't wait to use this.

    BalasHapus

Thank you for your comment! Stay safe and healthy. Hopefully your day always bright and beautiful ^^