REVIEW : SHU UEMURA PETAL SKIN FOUNDATION (BAHASA INDONESIA)

Finally , foundation yang udah aku pakai berbulan-bulan lamanya ini naik juga review-nya di blog kesayangan aku! Hahahaha. Abisnya sebel deh, long story goes... aku dari awal cobain foundation dari Shu Uemura ini udah suka banget sama hasilnya di wajah, dari finish look-nya sampai coverage-nya. Tapi sayang banget I'm struggling to choose my exact shade... Like why this could be happened (again) kaya aku pas cari shade di Make Up For Ever HD Foundation yang pernah aku tulis juga di blog  (salah terus shade-nya) T_T hiks.


Dari packaging, menurutku super biasa yaa... nggak yang wah banget, nggak yang jelek banget sih. Ya standard aja modelnya aku sih fine-fine aja, with frosty glass dan pump udah cukup deh nggak macem-macem akumah orangnya hahaha. Tapi sayang nih, tiap di pump pasti ada aja foundie yang ngalir keluar dari sisi bagian lainnya (sekitar pump) jadi rada messed up gitu. Ukurannya botolnya termasuk kecil sih, tapi isinya sama kaya foundie pada umumnya yaitu 30 ml. Aku banyak nyobain foundie lain yang ukuran botolnya jauh lebih gede dari ini even isinya sama 30ml (eh ada juga yang 28 ml- yes I talk tou you my YSL Fusion Ink! -.- ) hmmmm...


Aku sekarang hanya punya yang shade 764 Medium Light Beige setelah 2 kali salah pilih shade, yaitu 564 Medium Light Sand dan shade 754 Medium Beige. Seandainya tuh 2 shade masih ada dimari, aku bakal jembrengin ketiga swatchnya apaan sih jembrengin wakakakaka.... Tapi untungnya masih ada beberapa stok foto pas aku swatch si 564 di kamera. Aku jelasin ya, kulit aku itu between light and medium with strong yellow undertone, aku nggak bisa pakai foundie yang too beige karena bakalan pucet greyish gitu nggak sama kaya leher dan tangan. Apalagi kalo foundie yang pink undertone, bisa ngepink di mukaku kaya lagi sakit panas. Warna wajahku sama leher itu lebih putih wajah, jadi aku lebih suka pakai foundie yang shade-nya match sama leher. Kulitku juga rentan banget oxidized kalau pakai foundation tapi alhamdulillah pakai Shu Uemura Petal Foundation ini sama sekali nggak oxidized, warnanya saat apply sama sampe seharian di mukaku.

Shade 564 Medium Light Sand



Shade 754 Medium Beige

I don't have the swatch but it's very similar with NARS Sheer Glow Foundation in Punjab here

Shade 764 Medium Light Beige



Kulit aku juga oily dan acne prone, 1-2 jam malah kadang udah berminyak lagi dan kalau ada ingredients yang ngga cocok di kulit bisa timbul jerawat-jerawat dengan indahnya di wajahku. Nah setelah kamu tahu warna kulit wajah dan segala permasalahannya , aku mau tulis pendapatku tentang 3 shade dari Shu Uemura Petal Skin di bawah ini sesuai dengan hasilnya di wajahku :

Shu Uemura Petal Skin Foundation 564
Medium Light Sand

Ini lebih ke neutral/beige undertone. Padahal aku beli karena ada tulisan "sand" nya dan aku kan Light to Medium, berarti yang ini bakalan lebih warm fikirku. Eh pertama kali aku apply di wajah itu keputihan banget, bahkan di jidatku yang memang agak gelap, shade ini langsung kelihatan ghostly pale. Nggak ada unsur yellow undertone sama sekali in real life. Aku cuma pake beberapa kali aja tapi emang jelas keliatan ini bikin wajahku lebih cerah dan tentunya kalau aku sejajarin sama tangan bakal belang banget. Pas aku lagi jalan ke mall juga dan ngaca di kamar ganti, omg my face is like a ghost... putih nggak natural pokoknya!

Shu Uemura Petal Skin Foundation 754
Medium Beige

Setelah aku preloved alias jual shade 564, aku beli shade ini dengan berfikir pasti match dong sama warna kulitku. Secara yang 564 yang ada embel-embel Medium Light terlalu terang di aku, fixed aku Medium Beige lah fikirku. And then I bought it without any further do... jreng-jreng... KEGELAPAN! Parah deh gelap banget buat skintone aku yang biasanya cocok-cocok aja sama shade Medium tapi sama yang ini kegelapan. Aku ada video pas pakai foundie dengan shade 754 yang pernah aku share di Youtube dan Instagram, tapi sedikit good thing is dia yellow undertone but not match aja sih. Kira-kira kalau kamu yang kulitnya medium lebih ke tan dikit bakal pas pakai ini. Tapi di kamera sih fine, in real life aja yang aku noticed banget darker than my skintone.


Shu Uemura Petal Skin Foundation 764
Medium Light Beige

Masih belum puas, aku preloved lagi shade 754 dan beli shade 764. Aku deg-degan banget karena sebelumnya aku udah ga match sama shade 564 which is rada mirip pas aku lihat swatch-nya di internet dengan 764 ini. Malahan si 564 tuh kaya lebih gelap dibanding 754, tapi aku tetep penasaran karena aku ngelihat si 754 kan yellow banget warnanya, berarti aku ada di range 7 bukan 5... Oh iya, FYI Shu Uemura ini ada beberapa range dari yang start awalannya di 3, 5, 7 aku kurang tau juga lengkapnya. Pokoknya I decided menelusuri shade range di awalan 7 and then I bought 764 Medium Light Beige. Pas pertama sampe aku langsung swatch dulu di lengan dan hasilnya ngeblend sama kulit and it's yellow undertone! Yes, ini foundation yang match sama warna kulit tanganku. Untuk swatchnya kamu bisa lihat dibawah ini, aku juga coba compare sama foundation dari Wet N Wild yang Buff Bisque which is too pink for me and too dark.




Saat aku apply di wajah, lagi-lagi ternyata lebih terang dibanding skintone aku tapi nggak separah 564 , dia masih ngeblend gitu sih lama-lama... even tetep belang sama leher tapi setelah aku timpa sama bedak yang lebih gelap, warnanya nyatu sama kulitku. Nggak oxidized karena mungkin emang match juga dan makin lama makin bagus di kulit. Permasalahan utama aku memang wajahku yang lebih terang dari leher, jadi rada tricky buat dapetin shade yang pas dan ngeblend antara muka dan leher. Tapi intinya 764 Medium Light Beige yang paling termaafkan dan rada masuk di aku yang light medium with yellow undertone ini. Mungkin emang the best ways is trying to mix 2 shades sih supaya warnanya lebih match ke aku, lagi mikir buat mix 754 sama 764 dengan perbandingan 20:80 kayanya bakal pas, hmmm...



Setelah kita bahas review masing-masing shade yang udah aku cobain, lanjut ke review hasilnya di wajahku yuk. Sejujurnya , walaupun aku punya kulit yang extremely oily skin tapi aku benci banget foundation yang hasilnya matte dan flat gitu. Apalagi kulitku itu depend on my situation, misal nih kalo aku lagi di ruangan ber AC and itu all day long, wah bisa dry patches dimana-mana. Tapi kalau lagi main kejar-kejaran *kejar-kejaran ama siapa* di outdoor dan di tepi pantai gitu yang cuacanya terik, bisa kaya abis balap lari 11 km keringetnya di wajah. Jadi wajahku itu cepet banget greasy kalau di outdoor tapi bisa ada dry patches kalau lama-lama di ruangan ber AC. 



So this is it my final opinion about Shu Uemura Petal Skin Foundation :

What I Love

Yellow Undertone
Coverage-nya medium tapi buildable
Semi-Matte and natural finish
Blurring my pores
No breakouts at all
Waterproof (dipake wudhu nggak ilang)
Nggak whitecast saat foto pakai flash even dia ada SPF20
Lumayan tahan lama di wajah

What I Hate

Pricey!
Somehow bikin dry patches di area dagu aku
Shade range yang tricky

Price :
Around 700.000 rupiahs

Where to buy?
Tersedia di konter Shu Uemura atau Sephora seluruh Indonesia

Shades Available :
Yang aku tahu ada 6 yang masuk ke Sephora (correct me if I'm wrong)
554 - 564 - 744 - 754 - 764 - 774

Overall dari semua foundation high-end yang aku coba, Shu Uemura Petal Skin Foundation ini jadi nomer dua favorit setelah YSL Fusion Ink Foundation. Walaupun aku juga kurang suka sama YSL Fusion Ink karena contain alcohol dan kadang kalau aku lagi ada jerawat bikin tambah meradang alias merah-merah, tapi karena itu juga kali ya bikin pori-pori aku rada nutup kalau pake si YSL ini... Nah kalau Shu Uemura Petal ini sama sekali nggak bikin kulitku bereaksi apa-apa even lagi ada jerawat. So, aku galau deh yang mana nomer satu dan dua hahahaha. Tapi untuk hasilnya sih YSL Fusion Ink juaraaa banget like a second skin di aku, nah kalau ini masih berasa kaya pakai foundie di wajah. Kok jadi bandingin foundation? Ya kan ceritanya lagi galau yang mana yang paling jadi favorit hihihi yaudah deh Shu Uemura Petal Skin ini tetep jadi nomer 2 favorit pokoknya. Would I repurchase? Maybe, kalau nggak gatel pengen cobain foundation yang lainnya! Hahahaha.

Share:

1 comment

  1. Wow Foundation yang sangat merata banget di kulitb wajah cocok buat di aplikasikan ke wajah agar tampak semakin cantik

    BalasHapus

Thank you for your comment! Stay safe and healthy. Hopefully your day always bright and beautiful ^^