FULL SWATCHES : WARDAH EXCLUSIVE MATTE LIP CREAM REVIEW NO. 07, 08, 09, 10,11,12

Jadi ini bisa dibilang kelanjutan dari postingan aku beberapa waktu lalu tentang >> Wardah Exclusive Matte Lip Cream Review shade terdahulu yaitu no.01 sampai 06. Kali ini aku punya shade yang baru dikeluarkan akhir bulan September ini yaitu no. 07 sampai no.12, Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini aku beli di Olshop langganan aku harganya Rp.56.500/pc, apa aja sih shade-nya? Worth to buy kah? Baca terus yah ^^



Kali ini ada 6 shade yang baru yaitu 07 Hello Ruby, 08 Pinkcredible , 09 Mauve On! ,10 Berry Pretty, 11 Oh So Nude! dan 12 Plum It Up. Well yang agak bikin drop adalah shade 08 sampai shade 10 sekilas dari packaging kelihatan enggak terlalu jauh beda yaitu pinkish. In real life gimana? Bedaaaaaa... Tapi tetep enggak terlalu signifikan, warna-warna soft berasa banget mulai dari nomer 09 sampai 11 ini. (Updated: Shade no 12 ada di review setelah no.11 Oh So Nude!)

Berikut swatch di lengan, aku berusaha edit sedikit brightness & contrast agar lebih masuk ke warna in real life, secara kalau dari kamera warna-warnanya jadi jauh lebih soft dan kurang mendekati warna asli. Kurang lebih hampir sama seperti dibawah ini :


Baiklah dimulai dari no. 07 sampai 12 aku bakal kasih first impression atau bisa dibilang review karena aku lumayan udah tes di bibirku dan memiliki penilaian masing-masing. Untuk penampakannya aku berusaha sedetail mungkin, jadinya aku zoom hanya gambar bibir aja dan sedikit blur di bagian kulit agar terfokus di warna bibir saja.

07 Hello, Ruby
Warna merah yang super intense, dark dan cool tone. Membuat kulit tampak lebih putih, warna ini enggak terlalu jauh beda dengan no.01 Red-dicted. Tapi no 07 ini adalah warna merah yang paling tua atau gelap diantara no. 01 dan 06. 



08 Pinkcredible
Versi warna pink yang lebih tua dibanding no.04 Pink Me. Yang ini warnanya lebih gelap sedikit, ada hint peach dan coral jika kamu perhatikan. Warnanya cantik banget di bibir, cocok buat tampilan make up girly. Anyway, nama-nama lip cream-nya unik banget yaa hihihi.



09 Mauve On!
Warna Mauve yang terkesan malu-malu sih di aku. Warnanya lebih bright dan hampir terasa seperti warna nude, mauve-nya engga terlalu on banget menurutku. Tapi yang ini juga cantik, kelihatan pinkish saat difoto, memang ada hint pink-nya sedikit dan karena warna mauve-nya enggak terlalu mencolok jadi kelihatan lebih ngepink difoto, mungkin karena masih belum move on.



10 Berry Pretty
Shade ini kelihatan seperti ungu muda, atau soft purple difoto. Warnanya soft dan termasuk nude. Ini agak bikin kulitku pucet sih. Diantara shade yang baru ini, Berry Pretty bukan warna aku banget hehe. Tapi warna ini juga cantik banget kan? 



11 Oh So Nude!
This is my favourite so far! Warna nude-nya menurut aku megang banget dan kayanya cocok ke semua warna kulit. Shade ini paling oke di aku saat aku swatch langsung di bibir. Pecinta lipstik nude mesti cobain nih shade yang ini.



12. Plum It Up
Honestly ini shade terakhir yang baru aku beli setelah postingan ini keluar, jadinya aku masukkan disini supaya swatchesnya lengkap. Ini warnanya plum, warna yang aku tunggu-tunggu banget. Overall aku suka, dia long lasting dan super pigmented. Udah aku coba saat makan bakso, pas ngaca masih nempel dengan perfect! Ah ini sih udah pasti bakal jadi shade favoritku, warna ini juga cocok buat fall season, yuk beli!



Overall, aku udah mengantisipasi apa aja shade yang bakalan aku suka sama yang engga. Secara dari packaging udah kelihatan warna-warnanya, tapi entah kenapa aku masih ngarep banget Wardah bakal ngeluarin shade yang lebih bold lebih banyak lagi hihihi. Shade baru kali ini kayanya jadi favorit buat pecinta lip cream nude dan pinkish, kecuali nomer 07 dan 12. Teksturnya so so, drying banget sih engga, namanya lip cream matte pasti rasanya matte kan yaa. Cuma jangan sampai lupa apply lip balm sebelum pake biar gak kering-kering banget juga yaa... Untuk ketahanan lumayan nih! Smudgeproof or waterproof banget sih engga, kena jari sedikit juga transfer warnanya, tapi lumayan susah buat dibersihin. Lip cream ini nge-stain di bibir walaupun udah makan segala macem dan mulai pudar warnanya tapi dia tetep ada stain. Ngga tau ini good or bad point, tapi harus ekstra sabar aja saat ngebersihinnya.

Sebagai perbandingan shade terbaru dan yang sebelumnya,  aku upload disini full swatch-nya di lengan dari no. 01 sampai 12 :




Dibawah ini foto saat ujung jari aku pegang-pegang bibir, dia transfer ke kulit dll. Juga saat hanya ngebersihin dengan kapas atau tissue, rasanya bakalan sia-sia karena dia engga akan bersih. 


Dan dibawah ini adalah foto saat aku coba ngebersihin pakai kapas yang sudah dituang make up remover. Sampai kapasnya harus bolak balik baru bisa bersih maksimal. Karena emang formulanya cukup tahan berjam-jam dan menempel lama di bibir.


What I Love :
Matte and Pigmented
Affordable Price ( sekitar 55-59rb )
Mudah dibeli di konter wardah maupun di online shop atau toko kosmetik
Merk lokal dan yang pastinya kosmetiknya halal
Packagingnya praktis, travel friendly
Cepat kering setelah dioles ke bibir

What I Hate :
 Kalau kondisi bibir lagi kering, hasilnya kurang bagus di bibir
Sisa lip cream yang masih menempel harus dibersihkan berulang-ulang dan jika di re-apply jadinya berasa tebal dan menggumpal


So, what's your favourite shade?

Share:

88 comment

  1. Kayanya shade barunya lebih cocok di aku ketimbang shade yang sebelumnya. Jadi pengen nyobain no 11 deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. No.03 juga nude hanichan... Kamu pasti suka, tapi yg no.11 lebih kecoklatan nude nya, cakep jugaaaak hihi

      Hapus
  2. aq udh pesen nmr 09 mauve on, harap2 cemas nih, bakal pucet ga ya di aq.. kmrn lihat foto di olshop nya kurang jelas. klo soal tekstur, pigmentasi, kenyamanan, dan harga sih aq emg udh suka bgt. keep up your good work ya dear. thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah kadang difoto juga ga sesuai irl, skintone ngaruh banget ngerubah warna lipstik saat difoto huhu. Tapi paling enggak ini swatchnya sedikit banyak mendekati real life nya hehe tp bisa beda beda jg penampakannya di kamu ^^

      Hapus
  3. Berry Pretty mirip Kylie Koko K ga seeehh??? Akhirnya marenan eike eksekusi Speachless. Tp belom coba sik. Moga mirip Kylie Dirty Peach. Wkwkwkwkwk...

    _Fia_
    www.fiarevenian.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimanaaa gimnaa..sukaa ngga sama speachless??? hehehhe... duh lip kit kylie sama sekalii beloman nyobaaaa... jd gatau ga bisa bandingin -.-

      Hapus
  4. di OL shop mana mb ..dapatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo aku beli online di tokopedia :) banyak yang jual kok hehe

      Hapus
  5. teh yg no 08 cntik ea
    itu harganya brapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pink nya cantik yaa ini favoritku juga, harganya 56.500/pc krn aku beli sekali banyak.. Biasanya satuan 59.500-an hihi

      Hapus
  6. Aku nemu olshop yang jual cuma 50,000/pcs, itu ori juga apa ya? tp kenapa bisa lebih muraaaah :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku kurang tau, malah kalau di konter langsung 59rb hehe. Asli kok mereka rata2 langsung ke distributornya... Tapi mendingan beli di olshop yg terpercaya aja yaa dear atau langsung ke konter ;)

      Hapus
    2. Wah lengkap banget kak reviewnya,
      Mmm jadi info aja sih, sepengalaman aku. Harga setiap produk itu tergantung tempat dan lokasi dimana produk itu dijual.
      Aku sempet kaget pas baca2 di IG atau blog kalau harga lip cream wardah itu 59 rb.
      Padahal aku beli wardah di counter resminya yg di malang itu cuma 49 rb, dapat diskon 10% pula.
      Lalu aku beli lip cream di counter wardah matahari malang harganya 55 rb.
      Tapi pas di bali beli lip cream di counter wardah di kuta harganya 65 rb.
      Jadi intinya wardah yg murah itu original, tapi dia beli di tempat2 yg emang jualnya murah.
      Sama kaya indomie di warung 2000, di indomaret 2500 di watson atau guardian bisa 2900.
      Sama2 indomie, tapi beda kelas dan tongkrongan

      Maaf jadi panjang banget ya kak

      Oh iya, wardah nggak punya distributor. Jadi pemasarannya dia langsung dari pabrik ke counter

      Hapus
    3. Wah makasih yaa atas penjelasannyaa... Makasih jg udh mampir main ke blog.. Semoga penjelasan diatas bs ngebantu yg lain yg curiga wardah elmc hrgnya beda beda yaa ^^

      Hapus
  7. kira2 kalau di dandan store atau guardian ada gk ya shade 11?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang tau dear, aku beli warna 1-6 di konter wardah langsung dan no 7-12 di online shop langganan deket rumah ^^ kamu beli di konter wardah resminya aja dear, kl guardian sama dandan aku kurang tau

      Hapus
  8. Kalau buat yg warna bibirnya gelap cocoknya pake yg shade brp ya? Suka sama yg shade 9 tapi takut pucet pas dipake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomer 9 mauve gt hehe..tapi warnanya ga terlalu mauve di aku.. Buat kulitnya medium okay kok :) warnanya cantik ^^

      Hapus
  9. Kalau buat yg warna bibirnya gelap cocoknya pake yg shade brp ya? Suka sama yg shade 9 tapi takut pucet pas dipake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna bibir aku jg agak gelap kulit juga sawo matang biasanya pake warna coklat tua, tp penasaran pengen beli warna no 9 mauve on dan ternyata pas dicoba bagus ko. Cover juga di bibir gelap. Dan tetep oke juga sama kulit sawo matang. Walaupun awalnya agak kaget juga karena biasanya pake coklat tua haha

      Hapus
    2. Setujuuu hehe, aku juga suka Mauve On sama Oh So Nude, untuk yg pinky aku suka Pinkcredible ^^ sebenernya semua warna cantik smua hehehe

      Hapus
  10. Aq br Pesen yg no.12 mba... moga cocok dg bibirku yg gelap.. harap2 cemas! Hihihi... 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok pasti! Hehehe 12 ini termasuk warna favorit, cocok ke semua skintone... Dia memang plum gt wrnanya agak tua ^^

      Hapus
  11. Thanks for review!! Aku paling suka no. 12 dan emang lagi cari2 review lip matte cream lokal yang bagus dan mudah dicari tanpa mesti beli di olshop. Kalau di tempat aku gak sampai 50ribu dapat alhamdulillah lip matte nya, hehee.
    Aku malah dapat lip matte wardah no. 02 temen aku dan dijual murah krn menurut dia krg cocok utk kulitnya yg dark tone.
    Neon di awal, tp bagus di akhir kesan neon nya berkurang. Lumayan cocok di aku.
    Btw, thanks for review. Aku bakalan cari yg shade no. 12. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. 02 yang fuschia yah? aku juga kurang suka soalnya agak ngejreng hehe... tapi kalo buat yg suka warna2 fuschia bakal suka ^^ iya no 12 cakep warnanya plum gitu... aku beli 56.500 malahan kl di konter 59.000an hehe harganya beda-beda yaa...

      Hapus
    2. Iya yang fuschi shade no. 02, kalau suka warna yang ngejreng dan cocok sama skin tone, cocok bgt. Dan lama2 jg gak ketara neonnya kok.
      Btw aku harap kamu ada review utk lip cream nya Jordana atau Milani. Saya sgt pecinta lip matte cream dgn price cheaper, hehee. tp harus liat review org baru berani, krn aku suka liat review2 kamu. Thanks for respond dan review nya!!! 😁

      Hapus
    3. milani harganya berapa kah? hehe aku paling lip cream lokal sih ini pengen cobain, kaya yang dari make over atau yang mizzu... mizzu lokal ga yah >.< hehe tapi kalo make over kan satu produksi sama wardah yaak jadinya maju mundur pengen nyobain, aku lagi nyari warna-warna yang agak gelap juga... makasih sudah sukaa postingan aku hehehe *makin semangat* ^^

      Hapus
  12. Milani kisaran 120an kl aku ketemu di olshop2, gak jauh beda sama colorpop kok.
    Warna tua semacam burgundy? burgundy bagus coba review, krn aku suka banget warna burgundy.
    Mizzu merk lokal kok.
    Hehe, semangat nulis blognya. ^^9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udh ada updetan baru, bourjois Rouge Edition velvet, shade yang 19 Jolie-de-vin warnanya keceee deh hehe plum-ish gituuu ^^ km jg tetep semangat yaaa... Have a nice day ^O^

      Hapus
  13. wah jadi pengen beli yang no 4, 8 sama 9. tapi kayaknya yang 8 sama 9 susah deh carinya... aku punyanya yang no. 2. soalnya kalo pake nude malah bikin pucat wajah. thx rekom warnanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna nude yg ngga trlalu nude menurutku yang no. 9 mauve on ^^ atau yang Oh So Nude, coba deh! Kl no.4 aku malah kurang suka, pinknya kaya neon gitu hihuhu aku pribadi prefer no 8 kl buat pinky lips ^^ selamat mencobaaaa

      Hapus
  14. Lengkap banget reviewnya, seneng deh liatnya.
    tapi jadi bingung milih warnanya. cantik2 semua warnanya.

    aku tuh udh pake yang oh so nude! no 11. tapi kayak terlalu nude gitu. pengennya sih yang sedikit ada pink2nya biar keliatan lebih manis, ada saran nggk kak kira2 pink apa yang kalem, trus yg cocok buat ke kampus gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brarti kulit kamu putih yaak? Hehehe, soalnya kl di aku yg Oh So Nude ga trllu pucet, yg pucet malah no 3 see you latte... Kl mau pink no 8 deh cobaa, dia pinknya cantik ^^ atau aku juga pernah pakai yang fuschionately no 2 tapi cuma tap tap di bagian tengah bibir trs aku spread pake jari...keliatan natural kaya gradient lips gitu ^^

      Hapus
    2. kulit aku sih agak sawo mateng kak. tapi kata tmn2 kalo pake itu jadi keliatan pucet.
      mungkin coba yang pinkcredible aja kali ya. namanya juga lucu. hihi

      makasih buat sarannya kak. Kamsahamnida :D

      Hapus
    3. Sama sama cantiiiik ^^ makasih sudah mampir

      Hapus
  15. Hi, kak. Makasih ya, reviewnya lengkap banget. Sayangnya aku udah terlanjur beli yang no 8 tadi siang. Lumayan nyesel karena berharap dapat warna coral, eh malah larinya ke ungu muda. Hehehe. Tapi gak kapok kok, mau nyoba beli shade lain segera.

    Masih nimbang antara no 8 atau nomor 12. Menurut kakak mana yang lebih oke ya? Kulitku sawo matang sih. Thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, terlanjur beli no 10 maksudku. Hahaha. Saking semangatnya sampai salah ketik.

      Hapus
    2. Kl warna 10 oh so nude dia nude ada hint coklatnya dikit kalau si 12 dia plum like red burgundy gitu hehe... Kalo suka bold ya no 12, kl mau warna nude bisa pilih 10 ^^ kl mau coral yang no 5 speachless tapi memang coralnya agak bright jd di kulit yang sawo matang kayanya trlalu neon >.< kayanya no. 12 bakalan stand out deh di skintone kamu...

      Hapus
    3. btw yg no 10 itu berry pretty kak. hehe :p

      Hapus
    4. Woiyaah salaah ahahahaha.. Yg berry pretty isn't my fav btw...

      Hapus
  16. Barusan aja hari sabtu kmaren beli no.3. Suka banget ya.meskipun kayak gak pake apa2 tapi texture nya nyaman dibibir
    Setelah nyobain matte cream nya revlon sama lt pro, kayaknya mau ngoleksi wardah aja.
    Warnanya bagus2 n pas dikantong juga
    Jadi pengen yg no. 12
    Thanks reviewnya mbak
    Helpful bingittss ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, aku jg pas ud nemu lip cream yg affordable, ngga mau lagi nyobain yang sejenis, soalnya menurutku dgn hrgasegitu, wardah emlc ini lama jg abisnya... Warnanya jg udh mewakili smua dr nude, bold red sampe plum... Hehe

      Hapus
  17. Barusan aja hari sabtu kmaren beli no.3. Suka banget ya.meskipun kayak gak pake apa2 tapi texture nya nyaman dibibir
    Setelah nyobain matte cream nya revlon sama lt pro, kayaknya mau ngoleksi wardah aja.
    Warnanya bagus2 n pas dikantong juga
    Jadi pengen yg no. 12
    Thanks reviewnya mbak
    Helpful bingittss ...

    BalasHapus
  18. Aku udah sempet beli yang nomor 11, suka sih, dan beneran nude di aku. Aku tertarik banget sama nomor 3, tapi takutnya terlalu pucet nih, kulit aku ngga putih, tapi agak kuning gtu.. kira-kira cocok ga ya?

    https://allenglory.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. No.3 see you latte di aku lebih nude di aku dibanding yg Oh so nude huhuhu... Tapi dia cocok cocok aja ke kulit aku, aku medium skintone sekitar nc30 an hehe cuma kl ga mau pucet mending coba yang mauve on deh...^^

      Hapus
    2. Okedeh kalo gitu, nanti bakal di coba :D Thankyou infonya :D sukses terus blognya :D

      https://allenglory.blogspot.co.id/

      Hapus
    3. Sama sama dear, udah mampir di blog aku yaaa hehe teteo semangat juga yaa kamu ngeblognyaa ^^

      Hapus
  19. Halo mba.. Mau tanya ni.. Aku cari2 warna 12 plum it up offline & online susah banget pada sold out. Kira2 itu wrnanya mirip mineral botanica lip cream yg 11.merlot ga? Maaf sblmya aku blm search mba prnah pake mineral botanica atau belum..:)

    BalasHapus
  20. Halo mba.. Mau tanya ni.. Aku cari2 warna 12 plum it up offline & online susah banget pada sold out. Kira2 itu wrnanya mirip mineral botanica lip cream yg 11.merlot ga? Maaf sblmya aku blm search mba prnah pake mineral botanica atau belum..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai, yah aku blm prnh coba mineral botanica dear... Plum it up itu dia red plum-ish gt... Warnanya merah tua ada hint plum atau burgundy gitu ^^ coba via tokopedia aja..search Farcelina, dia biasanya lengkaap kap kap soalnya aku beli di dia...

      Hapus
  21. Mbak,, u/ lip balm yg bsa jga bibir tetep lembab apa? Sblm x aq pke oriflame u/ lip balm x, tpi skrg pngen move on yg berlabel halal. Bsa ksh saran u/ lip balm x mbak..?

    BalasHapus
  22. Mbak,, u/ lip balm yg bsa jga bibir tetep lembab apa? Sblm x aq pke oriflame u/ lip balm x, tpi skrg pngen move on yg berlabel halal. Bsa ksh saran u/ lip balm x mbak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pake nivea lip butter dear, super love that product! Hehehe

      Hapus
    2. Halo mba, maaf ya aku numpang nimbrung, oriflame terjamin halal kok tapi emang dia ga dicantumin label halalnya di produk^^

      Hapus
  23. Mau tanya dong kalo no 7 ma 12 bagus mana ya mb.utk kulit sawo mantang???aq punya no. 10.11 dan 5.. no 5 peach keliatan orange gitu jd keliatan gelap dikulit..nyesel deh beli warna itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7 sama 12 sama sama bold, kalo 7 merahnya lebih terang kalo 12 lebih ke plum-ish... Dua duanya sih kece hehe tapi kl aku personal suka no 12 soalnya warnanya lagi ngetrend ^^

      Hapus
  24. Kak, beli di olshop apa ya? Aku cari no 12 susah bangetttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku beli di tokopedia, banyak bgt yg jual dear ^^

      Hapus
  25. hi.. nice blog mba :)
    aku masih galau antara 3 & 11 nih.. warna kulitku sawo matang agak kekuningan. ada saran mba? makasih sebelumnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. No 3 lebih nude dibanding 11, hehehe better no 11 buat yang sawo matang, jadi ga terlalu pucet hehe...

      Hapus
  26. Kaka mau tanya klo menurut kaka buat bikin ombre lip dgn warna dasar pake yg no. 11 bagusnya pake yg mana ya ka? No. 1 atau yg no. 7?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah bikin ombre no 11 trus di taruh no 12 ditengah-tengahnya... ^^

      Hapus
  27. mba aku punya yg No. 03 dan 11 tapi yg lebih cocok di bibir aku tuh no. 03. dan aku lg nyari warna apa yah.... yg pink agak ke nude gituuu... niatnya sih mau beli antara 08 dengan 10 gituuu,,menurut mba warna apa ya yg bagus di aku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu lagi ka, kalo misalnya antara no. 08,09,10 yg bagus apa ya buat sy:) hehe

      Hapus
    2. 08 pinknya clearly pink dengan hint red sedikiiit dan lebih warm, kalau 10 dia Berry banget, purple-ish tone with light touch of pink ^^ kl mau warna pink yang lebih ga terlalu nampol menurutku sih yaa si 10 cuma resikonya bisa akan terlalu pucet... Kl between 08.09.10 favorit saya sih untuk nude-ish nya ya 09 Mauve On..lebih megang dan lebih kelihatan di bibir... Kl warna 08 dia punya tone yg beda dr yang lain, dia masuk kayanya ke skintone mana aja ^^ hope this help dear...sorry for late reply T.T

      Hapus
  28. wahh lipstiknya tahan lama ya, di bersihkan pake up remover juga masih terlihat sisanya..

    BalasHapus
  29. assalamualaikum mbak saya suka review nya yang sebelumnya di http://www.duapuluhtujuhdesember.com/2016/09/wardah-exclusive-matte-lip-cream-review.html?m=1 kalo yang ini kurang jelas, kalo yang sebelumnya jelaes, detail, wajahnya juga full jadi bisa ngira² di aku cocoknya yang mana. masukan aja. kalo yang ini cuma kelihatan bibir aja kurang detail ngga full face ☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dear, makasih atas sarannya yaa ^^ ke depan aku bakal lebih berusaha ada swatch detail bibir dan juga ada foto dari jauhnya biar lengkap dan jelas.. Thanks udah main main kesini yaa <3

      Hapus
  30. di mana beli yang no 12 ya, semuanya kosong huhuhu

    BalasHapus
  31. Aku beli yg nomor 5 - Speechless. Bener bener bikin "speechless" and nyesel banget. Karna formula yg nyampe di aku dari ol shop itu ga sebagus yg No. 8,Pinkcredible. Dia bener bener paaatchy banget dan ga bisa di swatch 2 kali. Langsung berantakan ga jelas. Ga tau itu barang palsu, atau lama. Tapi temenku beli di ol shop lain juga formulanya jelek 😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha iya dia coral yang stabilo gitu, kalo pinkcredible one of my fav! suka bangettt ngeeett hehehe masa sih wardah exclusive matte lip cream ada yg palsunya? O.O

      Hapus
  32. Thank you kak this is so useful! Aku baru beli yang berry pretty,warnanya bagus aku suka cuman agak pucat sih kaya kata kakak :(

    BalasHapus
  33. Thank you kak this is so useful! Aku baru beli yang berry pretty,warnanya bagus aku suka cuman agak pucat sih kaya kata kakak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga kurang suka, berry pretty terlalu pucat dan lebih masuk ke cool undertone... Aku soalnya yellow undertone :)

      Hapus
  34. Jadi pengen beli yang no 12....

    BalasHapus
  35. Aku suka semua lip cream wardah. Apalagi no 12. Setelah liat review disini aku langsung cuss beli no 12 desember kemarin. Thanks banget ya buat reviewnya.

    BalasHapus
  36. Aku suka semua lip cream wardah. Apalagi no 12. Setelah liat review disini aku langsung cuss beli no 12 desember kemarin. Thanks banget ya buat reviewnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 dear ^^ akupuuun senang bs membantu! Mampir2 trs di blogku yaa

      Hapus
  37. untuk yang no 11 gak cocok bgy sama aku tone kulit aku sawo matang. padahal udah kebeli . aaaa sayang bgt kan. dimuka aku jatuhnya pucet bgt😢😢.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbaaaak. Aku no 11 gak cocok banget ;((*

      Hapus
    2. di aku dia cocok, kulitku kuning langsat, sekitar light to medium.. iya aku rasa tergantung ke skintone kulit masing2 yaa... sebenernya kulit sawo matang lebih oke pakai warna lipstik yang bold, kalaupun mau nude semacam nude mocca atau brown atau mauve gitu ^^ hope this help..

      Hapus
  38. Assalamaualaikum Mbak,makasih yaa udah ngereview beberapa warna.Mbak aku bingung deh,kulit aku agak gelap,cocoknya pake yang nomor berapa yaa?biasanya aktifitas aku cuma ke kantor dan ngampus sih.Pengen keliatan natural dan fresh aja

    BalasHapus
  39. Makasih mbak review nya, lengkap banget hehe. Dan aku tergoda dengan mouve on nya. Tapi takut bibir ku gk cocok, karena bibir ku tipe nya kering banget kalo gk cocok sedih :(
    Mbak nya tipe bibirnya normal kah?
    Boleh mampir ke blog ku ya say :)
    https://rafanugraini26.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus
  40. no 1 warnanya gonjreng banget tapi bagus kak, jadi pengen borong lip creamnya.. :)

    BalasHapus

Thank you for your comment! Stay safe and healthy. Hopefully your day always bright and beautiful ^^